Minggu, 20 Maret 2016

Menyelesaikan pengujian dalam siklus akuisisi dan pembayaran: verifikasi akun tertentu

Menyelesaikan pengujian dalam siklus akuisisi dan pembayaran: verifikasi akun tertentu

TV Communication Network (TVCN) secara material mengalami kurang saji atas kerugiannya pada laporan keuangan karena telah mencatat beban sebesar $2,5 juta sebagai penurunan langsung dari ekuitas pemilik. Salah sajitersebut menyebabkan perusahaan yang seharunya membukukan kerugian $4,7 juta menjadi hanya rugi $2,2 juta saja. Berdasarkan investigasi SEC, beban yang dikenakan ke ekuitas berasal dari pengeluaran untuk pengembangan dan distribusi brosur promosi bisnis perusahaan.
Pengendalian internal terkait dengan beban iklan jelas tidak memmadai. TVCN tidak mempunyai faktur atau dokumen lain ketika pembayaran dilakukan oleh direktur perusahaan karena ia yang mengendalikan  rekening bank.oleh karena kurangnya dokumen yang memadai, ketika laporan keuangan dibuat, pegawai TVCN  yang bertanggungjawab untuk mencatat beban tidak mendapatkan cukup informasi dalam mengaklasifikasikan pengeluaran kas dengan benar.
Auditor TVCN bergantung pada hasil tanya jawab dengan direktur perusahaan sebagai bukti  utama tentang sifat pembayaran beban iklan ini. Dalam pengujian subtantifatas transaksi, terjadi kelebihan S10.000 dan auditor bergantung pada kontroler perusahaan untuk mengidentifikasi apakah seluruh transaksi telah memenuhi criteria. Tidak mengherankan bila kontroler tidak menyajikan seluruh transaksi yang mencakup $10.000 tersebut.
Sebenarnya transaksi dalam siklus inimempengaruhi banyak akun dalam neraca dan laporan rugi/laba, transaksi yang salah klasifikasi dapat berdampak signifikan pada hasil laporan, seperti yang terjadi pada TVCN.auditor harus memahami sifat alur transaksi dalam siklus akuisisi dan pembayaran sehingga mereka dapat secara efektif mengenali resiko salah saji material dan melakukan prosedur audit lanjutan untuk mengevaluasi akun-akun dalam siklus tersebut.
Auditor harus memahami 5 hal berikut ini:
1.       Jenis akun lainnya dalam siklus akuisisi dan pembayaran
2.       Audit atas asset tetap (Properti dan peralatan)
3.       Audit beban dibayar dimuka
4.       Audit utang akrual
5.       Audit akun pendapatan dan beban
Prosedur audit lainnya yang harus dilakuakan apabila ada alas an khusus untuk melakukannya. Pengujian tersebut menggunakan tujuan audit yang berkaitan dengan saldo untuk melakukan pengujian atas rincian saldo aktiva, yaitu:
1.       Polis asuransi dalam skedul asuransi dibayar dimuka memang ada dan polis yang ada telah dicantumkan (eksistensi dan kelengkapan)

2.       Klien memiliki hak atas semua polis asuransi dalam skedul asuransi dibayar dimuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar